Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Datang Domain .MY.ID di Catatan Blog ini

Entah kenapa, setelah keseharian saya saya ini buat konten, nggarap proyek desain grafis, nonton manga/anime lama-lama bikin bosan. Jadi saya berpikir untuk cari kesibukan lain. Rencananya saya mau bikin vlog jalan-jalan atau motovlog, namun saya merasa belum siap sih… Karena action cameranya belum ada, hahaha… Memang sih, bisa pake HP or Smartphone. Namun saya rasa kurang ringkas aja untuk dibawa jalan-jalan dan mengundang pusat perhatian orang (selain itu, saya masih kurang PeDe aja ngerekam di ruang publik hehehe…). Jadi saya coba menulis catatan baik pengalaman, opini, hingga tips or trick gitu. Dan ternyata cukup menyenangkan juga.

Selamat Datang Domain .MY.ID di Catatan Blogger blogspot ini


Awal mulanya saya menulis catatan, di platform Medium.com Setelah menulis 2 tulisan/catatan. Entah kenapa kok kurang sreg menulis di platform Medium itu. Karena catatan ini, tidak hanya ditujukan untuk diri sendiri. Saya harap ada seseorang yang membaca catatan ini dan bisa mengambil manfaat atau sekedar untuk hiburan saja. Jadi harusnya, catatan yang pernah saya tulis itu harunya mudah diakses dimana saja. Memang tulisan saya bisa diakses di Medium.com/@irfanew namun saya rasa agak gimana gitu. Untuk tampilan kayaknya agak kurang bisa dipermak. Dan fitur pun sangat minim, ya mungkin bisa kalau untuk penulis gak perlu fitur-fitur yang aneh. Jadi si penulis cukup fokus menulis saja.

Kemudian saya mulai berpikir untuk kembali ke blogger atau blogspot atau pakai wordpress aja sekalian. Biar kelihatan identitasnya sama mengangkat branding juga (promo sekalian lah). Dan saya pun langung bikin akun blogger baru, eh bukan. Ternyata ada akun blog lama beralamat irfanew.blogspot.com yang masih kosong postingannya. Entah kapan saya membuat blog ini? Mungkin saya buat untuk mengamankan subdomain cantik ini. 

Untuk domain .my.id ini sebelumnya saya cukup kebingungan pilih domain TLD mana ya? Awalnya saya ada pilihan .com .id .web.id dan .my.id. Saya cukup kebingungan memilihnya. Sempet kepikiran memilih antara .com dan .id namun saya rasa sepertinya terlalu mahal. Dan saya tidak ingin menambah anggaran untuk biaya langganan tiap tahun. Karena tiap tahun saya memiliki tagihan perpanjang domain dan hosting yang cukup besar bagi saya. Dan setelah menimbang-nimbang akhirnya saya sudah mantap dengan .my.id Karena kenapa? Ya karena MURAH lah dan lebih Indonesia (karena fokus blog ini untuk visitor lokal). Cuma 11 ribuan per tahun (harga dari IDWebhost).  Untuk registrarnya saya percayakan pada IDWebhost. 

Setelah itu, saya coba cek ketersediaan domain irfanew.my.id di IDWebhost ini. Dan Alhamdulillah ternyata masih tersedia. Langsung deh abis subuh sekitar jam setengah enam pagi saya melakukan order dan pembayaran. Sempet agak lama kenapa kok domain saya belum aktif. Saya coba chat ke bagian Billing IDWebhost, yang cukup cepat responnya meski belum jam kerja (maafkan aku wahai cs Billing). Agar sekalian saya aktifkan dan atur DNSnya sekalian karena kalau di jam kerja, saya ya kerja. Dan setelah dicek, domain saya langsung aktif, Terima kasih mas Pras (Departemen Billing IDWebhost). Segera saya setting DNSnya dan saya sambungkan ke blogger/blogspot. Lalu saya aktifkan https nya biar aman dan disukai google search engine. Mungkin sekitar setengah jam lebih, domain irfanew.my.id aktif dan tersambung di blogger/blogspot. Saya kurang tahu juga sih, karena waktu itu mepet sekali, karena saya harus berangkat bekerja.

Ya, itulah cerita saya mengenai perjalanan saya menggunakan domain .my.id ini Sempat dibuat bingung juga sih. Tapi lumayanlah buat pengalaman, bagaimana memilih domain yang tepat hahaha… Kita akan berjumpa lagi di postingan berikutnya ya kawan, bye...


Posting Komentar untuk "Selamat Datang Domain .MY.ID di Catatan Blog ini"