Bikin E-KTP Baru di Surabaya Cepat juga Ternyata!

No Comments

Hai gaes, disini saya share cerita pengalaman saya membuat E-KTP di kota Surabaya. Tentunya bukan saya yang membuat E-KTP ini. Jadi Adik saya yang membuat E-KTP baru karena udah 17 tahun. Nah, mau tahu bagaimana cerita pengalaman membuat E-KTP baru ini?

Pengalaman Bikin E-KTP baru di Surabaya

Sedikit Cerita Waktu Dulu bikin E-KTP Perdana

Waktu itu pas saya masih sekolah kalau ndak salah tahun antara 2014-2015 aku lupa. Intinya pas migrasi dari KTP klasik ke E-KTP. Nah, pas mau bikin E-KTP waktu itu, saya harus ambil antrian di jam 3.00 pagi. Saya ditemani oleh seorang tetangga saya untuk menunggu ambil antrian disini saya juga mengambil antrian untuk tetangga yang lain (uenaak tinggal nitip). Kira-kira nunggu sampai jam 6-7 pagi, saya pulang untuk antar jemput ibu saya ke kantor kecamatan Tambaksari, Surabaya. Dan saya dapat antrian belasan. Jadi nggak rugi lah nunggu jam 3 pagi hahahaha… Dan waktu itu antrian “BUANYAAKKK” sekali kayak nunggu antrian bantuan padahal antri E-KTP. Saya pun waktu itu belum sempat mandi, agar biar gak ketinggalan antriannya. Jadi foto E-KTP nya jadi gak kelihatan gantengnya. Dan hasilnya pun nunggu bulanan. Jadi waktu itu Ribet sekali, belum lagi alat scannya ada yang gak berfungsi, alatnya pun cuma ada 2 buah. Bayangkan betapa sesaknya waktu itu, halaman kantor kecamatan penuh sama orang-orang yang ngantri.

Pindah di Waktu Sekarang

Nah tepatnya di bulan ini, tahun 2022 kebetulan adik saya udah berumur 17 tahun udah lewat. Ibu saya minta tolong dampingi membuat E-KTP. Saya jadi keinget masa lalu yang ribet sekali jadi bikin males. Ya, mau gak mau ya laksanakan perintah Ibu. Jadi saya googling ada 2 cara bisa langsung ke Siola/dispenduk atau ke kantor kecamatan tanpa surat pengantar RT/RW. Tanya tetangga ada banyak jawaban beragam.

Akhirnya pas di hari Senin, saya coba deh. Awalnya berangkat kerja dulu buat absen, jam 9 pagi balik ke rumah untuk antar Adik ke kantor kecamatan Tambaksari. Setelah sampai di depan kantor kecamatan. Ternyata cukup sepi. Kuparkirkan sepeda motor Supra kesayangan, dan tanya-tanya ke petugas di kantor kecamatan. Dan tinggal masuk untuk persyaratan pembuatan E-KTP baru hanya siapkan 2 lembar fotokopi Kartu Keluarga. Tinggal tunggu sampai dipanggil untuk foto dan scan sidik jari.

Kira-kira setengah jam lebih dikit proses pengambilan data E-KTPnya. Dan selanjutnya nunggu sebentar gak lama kok. Nanti dipanggil untuk tanda terimanya yang nanti bisa diambil E-KTP yang sudah jadi di Kantor Kelurahan satu minggu berikutnya.

Kesimpulan

Nah, seperti itulah proses pembuatan E-KTP baru di Surabaya ini. Dan ternyatan CEPAT juga ternyata. Sebelumnya saya kepikiran masalah blanko, proses yang lama, antri yang lama, dll. Pelayanan publik sekarang lebih enak dibanding masa lalu. Mungkin karena E-KTP punya jangka waktu seumur hidup jadi gak ada yang antri mungkin wkwkwkwk.

Jadi itulah cerita saya bikin E-KTP untuk Adik saya yang Cepat juga Ternyata Prosesnya. Mungkin di kota lain beda lagi ceritanya tergantung kebijakan dan birokrasi pemerintah lokal setempat. Cukup sekian tulisan blog ini, sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar