Cerita Migrasi Website dari Blogspot ke CMS Wordpress

No Comments

Halo semua, ketemu lagi deh. Akhir-akhir ini saya cukup jarang nongol online. Paling banter ya update story IG dan WA wkwkwk… Sebenarnya curhatan saya ini udah dari dulu mau aku share. Kalau gak salah aku migrasikan web utama Desainew.com dari menggunakan platform blogspot ke CMS wordpress setahun atau dua tahun lalu. Awalnya agak bimbang gitu, karena kepopuleran wordpress ini jadi rawan kena serangan. Belum lagi aku harus mencari hosting berkualitas agar dipastikan website saya selalu on kapan pun. 

Cerita migrasi blogspot ke wordpress

Awal Mula Mengenal Wordpress

Sebenernya udah sejak lama aku mengenal Wordpress ini. Kalau nggak salah sewaktu SMK waktu itu dapat perlajaran utama mengenai CMS Joomla. Tentunya aku belajar CMS lain. Waktu itu aku juga udah coba-coba hosting memakai 000webhost.com (yg kena jebol apes). Tapi lumayan lah buat belajar daripada disekolah cuma pakai localhost. Oh iya, jurusan SMK ku adalah Kimia Industri (ya gk nyambung juga sih). Setelah itu, aku udah jarang gk kenalan wordpress. Oh iya disini, saya tidak belajar lebih dalam mengenai wordpress. Paling cuma update posting gak sampai professional.

Kenalan Wordpress lagi Gara-gara Orderan Bule

Nah, disini saya harus kenalan lagi sama wordpress. Pada tahun awal 2016 mau gak mau saya harus kerjakan nih project web ini. Meski udah tau cara install dan setting dasar. Namun saya masih belum tau mendesain web pakai wordpress (mikirnya aku harus bikin coding template nih dan masih belum kenal elementor). Mau gak mau harus pakai jasa temen, buat bikin desain web nya (coding templatenya). Meski pada akhirnya harus dibagi cuannya tapi ya disyukuri aja sih. Untuk dikerjaan kantor waktu itu saya kerja di konstruksi, sempet mau pakai wordpress tapi gk jadi karena web kantor pakai joomla ya pakai seadanya aja. Oh iya disini aku gk mahir pakai Joomla ya. Paling dasar-dasar aja.

Belajar Wordpress Advance sejak 2018

Sejak perusahaan konstruksi bangkrut, ya kena PHK jadi sedih sih. Aku kurang tau detailnya masalahnya sih (meski tau dikit). Akhirnya saya kerja di online store, disini mulai belajar wordpress lagi hingga mahir. Disini aku mengenal elementor buat desain web tanpa coding mantap pokoknya, mulai bermain plugin pendukung elementor, plugin notifikasi, woocommmerce, security, 2FA auth, sampai mengelola banyak web dalam satu hosting. Ya banyak ilmu sih yang aku pelajari bermodalkan youtube dan googling. Sejak saat itu saya udah terbiasa membuat landing page keren menggunakan elementor dan wordpress. Aku udah terbiasa custom CSS karena udah dari lama udah kenal sma CSS jama blogpsot. Dan disini saya sadar pakai CMS wordpress ini kita bisa bebas atur gak seperti blogspot. Tergantung jenis web yang dibutuhkan.

Memulai Migrasi Blogspot ke Wordpress

Nah, disinilah akau meulai memberanikan diri untuk migrasi. Meski agak takut juga sih kena attack orang gk dikenal. Mulailah saya mencoba pakai hosting berbayar Namecheap. Aku mulai install wordpress hingga desain landing page homepage hingga contact form. Gak lupa juga aku pasang security. Dan benar seminggu kemudian aku kena serangan tapi akhirnya kena block oleh plugin securitynya. Awalnya takut sih makanya postingan dari blogspot belum aku migrasikan. Jadi pada akhirnya akan aku khususkan buat company profile dan protfolio aja deh. Toh akhir-akhir ini aku juga jarang update. Dan bersyukur meski kena serangan bertubi tubi, website aku masih aman. Jadi mungkin kedepannya aku akan migrasi hosting lagi ke hosting lokal aja biar gak banyak pengeluarannya.

Penawaran Jasa Desain Website

Sekarang aku jadi bisa menawarkan jasa desain web pakai wordpress. Daripada desain logo, aku lebih suka desain web ini sih. Karena sulit nyari ide desain orisinalitas logo itu. Untuk portfolio desain web yang pernah aku kerjakan, kamu bisa cek di link ini desainew.com/web-design-portfolio/

Jadi seperti itulah cerita aku mengenai CMS wordpress ini. Maaf jika tulisan ini agak berantakan yak… hehehe.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar