Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Investasi Cryptocurrency di Exchange Lokal

Hai, disini aku share pengalaman aku jual beli koin kripto lewat exchange lokal yaitu indodax pastinya yang paham cryptocurrency pasi tahu lah market exchange lokal satu ini. Sampai saat ini masih terus mantau pergerakan bitcoin dan kawan-kawan agar bullish lagi meski keadaan ekonomi dunia saat ini lagi gak baik-baik saja. Sekarang disverifikasi ke produk reksadana dan saham IDX.

Pengalaman Investasi Cryptocurrency di Exchange Lokal Indodax

Awal mula kenal Bitcoin dkk

Sebenarnya udah kenal bitcoin sejak tahun 2014-2015 yang saat itu harganya sekitar 4 juta sampai 16 juta. Waktu itu belum sempat kepikiran beli. Jadi cara dapetin bitcoin ini biasanya aku main game 2048. Disini aku kumpulkan dan setor ke wallet blockchain. Disini aku fun aja gak terlalu kejar hasil banyak. Dan lalu mulai jarang main. Setelah bitcoin tembus diatas 100 juta aku mulai ubek-ubek wallet blockchain tapi ternyata aku lupa kode masuknya… Asem!!! Rencana mau aku pindah ke wallet di Indodax ini. Jadi pasrah deh… Kalau gak salah ada saldo 0.001 atau 0.0001 aku lupa tapi kan lumayan kan?

Mulai Daftar di Exchange Lokal

Sekitar tahun 2018, aku mulai daftar di exchange lokal yaitu Indodax. Daftarnya cukup mudah, waktu itu aku harus foto selfie sama dengan kertas tulisan nama saya dan teks Indodax. Dan approved. Nah, karena saat itu aku masih belum paham koin-koin crypto jadi fomolah. Kalau nggak salah bitcoin waktu itu harganya udah tembus 200-300 juta. Jadi aku gak tertarik lagi sama bitcoin jadi aku cari koin lain dan kepilihlah coin BAT. Waktu itu aku juga belum tertarik sama etherium padahal waktu itu etherium masih sekitar 3-4 juta jadi aku anggap mahal… Dan sampai setahun kemudian koin BAT sideways beda sama etherium.

Mulai kenal Koin Crypto yang Menjanjikan

Nah disini aku mulai beli koin etherium bisa dibilang ilmuku masih dangkal. Mungkin tahun 2019 aku beli etherium di harga 16 juta dan 20 juta. Meski dapat nol koma gak papa lah. Disini aku biarkan sampai setahun kemudian. Dan benar, karena etherium mulai banyak diaplikaikan jadi harga etherium naik di angka 45 juta hingga 60 juta. Gila sih. Aku untung banyak wkwkwk… Padahal cuma didiemin selama setahun. Modal awalnya 600 ribu jadi 1,3 juta hingga 1,8 juta… hahaha… Koin crypto selaon Bitcoin yang udah pernah aku beli diantaranya adalah BTC, ETH, MATIC, SAND, KAI, THETA, DOT, BCH, BAT, MANA, ZIL, hingga XLM. Gak lupa USDT buat transfer tapi gak kepakai juga sih…

Crypto mulai Bearish bikin Dag Dig Dug

Nah, saat tahun 2021 masuk ke th 2022 disini mulai menunjukkan tren penurunan. Akhirnya aku langsung tarik semua dananya deh. Disini aku punya beberapa koin. Setidaknya aku punya modal 870 ribuan tidak langsung deposit semua sih. Berikut SSnya aku mulai dari tahun 2019

Pengalaman Investasi Cryptocurrency di Exchange Lokal Indodax

Dan gambar berikut adalah dana yang aku tarik tahun 2022 sebesar Rp.1.726.500 ya lumayan lah. Padahal aku jarang trading harian. Cuma pengen beli koin ini lalu biarkan.

Pengalaman Investasi Cryptocurrency di Exchange Lokal Indodax

Pelajaran Penting dalam Investasi

Disini aku dapat mengambil pelajaran dalam berinvestasi di pasar crypto. Intinya sabar, jangan terburu-buru jual karena memang harga crypto fluktuatif. Dulu aku memang gak mikirin sih. Proyek Etherium aja gak tau. Taunya ETH itu salah satu koin dengan peringkat teratas. Biasanya aku berpatokan sama 10 besar peringkat koin teratas. Ya, meski LUNA udah tinggal nama padahal dia masuk 10 peringkat teratas lho…

Investasi yang AMAN lebih baik dimana?

Nah, sekarang aku lebih memilih instrumen saham dan reksadana sih. Untuk saham udah mulai dari setahun lalu, sedangkan reksadana baru beberapa bulan lalu. Meski telat gak apa-apa… Mungkin nanti aku share deh. Selain itu, aku juga memiliki emas buat backup gak banyak sih cuma beberapa gram, lumayan lah buat simpenan. Untuk investasi di Crypto hati-hati aja sekarang kondisi market gak menentu banyak berita kurang enak akhir-akhir ini. Mending diputar ke instrumen lainnya.

Mungkin itu saja, curhatan aku investasi di cryptocurrency ini. Seru juga mempelajari hal-hal yang baru. Setidaknya bisa dijadikan sebagai pengalaman berinvestasi.


Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

Posting Komentar untuk "Pengalaman Investasi Cryptocurrency di Exchange Lokal"