Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Plan Buat Kamu yang Mau Memulai Usaha

Bikin proposal itu sebetulnya mudah. Secara konsep sih garis besarnya sama kayak kita mau bikin perencanaan bisnis buat kita sendiri. Bahasa kerennya business plan. Kira-kira isi business plan itu apa aja sih? Tergantung jenis bisnisnya. Nah, kita ambil contoh dulu, misalnya kita mau bikin bisnis cendol duren. Jadi, isinya adalah:

Tips Bisnis Plan Buat Kamu yang Mau Memulai Usaha

1. ALASAN

Kenapa sih kamu milih mau bisnis es cendol duren? Kenapa nggak es cendol nangka aja gitu, atau es cendol kelapa, atau es cendol bubur sumsum. Nah, kamu jelasin tuh. Misalnya kamu udah bikin survey bahwa dari 100 orang yg kamu tanya, 90 orang milih duren daripada nangka, kelapa dan bubur sumsum. 

2. TARGET PEMBELI

Kira2 siapa sih target pembeli kamu? Apakah bocil, abegeh, pekerja kantoran, mahasiswa, emak2, keluarga, atau siapa gitu. Kalo data survey kamu metodenya valid, kamu bisa pake tuh buat pendukung. Misalnya dari 90 orang yg milih duren itu 70 orang adalah usia 25-50 tahun dengan profesi mahasiswa dan karyawan. 

3. PENYAJIAN

  • Harga
    Kira2 harga segelas cendol itu mau kamu jual berapa? Apakah 5rb, 10rb atau 15rb. 
  • Kemasan
    Trus, kamu jualnya mau gimana? Apakah pake plastik atau ake gelas plastik. Kalo pake gelas plastik mau pake yg berapa oz? Trus pake sendok plastik juga nggak? Sedotannya juga nggak? 

4. BAHAN BAKU

  • Supplier
    Nah, soal bahan baku gimana? Apakah cendolnya mau bikin sendiri atau mau beli jadi? Kalo beli jadi, kapasitasnya berapa perhari? Itu belom durennya, ngambil darimana? Soalnya duren kan musiman. Kalo ada duren beku, ngambilnya darimana? 
  • Ongkos
    Nah, harus dihitung juga belanja minimal berapa jumlahnya dan berapa biayanya. Dari setiap kali belanja bahan baku itu bisa dihitung dapet berapa porsi. 

5. OMSET

  • Lokasi Jualan
    Berdasarkan harga jual pergelas dan target pembeli, bisa diperkirakan lokasi jualan yg ideal itu dimana dan jam berapa bukanya. Misal di kantin kantor, atau deket kampus, atau di kaki lima aja. 
  • Omset Kotor
    Buat estimasi aja, misal target penjualan perhari 100 gelas perhari. Dari situ bisa diperkirakan berapa omset. Selanjutnya berdasarkan omset itu bisa diperkirakan berapa keuntungan kotor, yaitu omset dikurangi biaya belanja beli sedotan, sewa tempat, dll. 

6. MODAL

Setelah dibuat daftar apa aja yang perlu dibeli, bisa dihitung berapa modal yang dibutuhkan. Kalo anggarannya udah ada tapi duitnya kurang, harus ada yang dikurangi. Misalnya, cendolnya nggak beli tapi bikin sendiri biar lebih murah. 

7. PENGEMBALIAN MODAL

Nah, berdasarkan keuntungan perhari, bisa diperkirakan kira2 berapa lama bisa dilakukan pengembalian modal. Ada juga sih yg sistem pengembalian modalnya plus keuntungannya. Misalnya cicilan pengembalian modal 25rb/hari + pembagian keuntungan 25rb/hari. Emang sih lebih cepet nyicil modal dulu, kalo plus keuntungan jadi lebih lama. 

Nah, kalo udah bisa bikin business plan secara detil, pasti bisa bikin proposal. Bedanya cuma "ditujukan kepada siapa" itu aja. Gampang kan?

Irfan P
Irfan P Blogger, Graphic Designer, Front End Web Developer

Posting Komentar untuk "Tips Bisnis Plan Buat Kamu yang Mau Memulai Usaha"